Home > Just Shared > Keistimewaan Shalat Berjamaah

Keistimewaan Shalat Berjamaah

 

Shalat berjama’ah mempunyai keistimewaan gat besar dan sangat mulia serta disenangi oleh Allah SWT. hal ini disebutkan dalam hadits rasulullah SAW tentang keutamaan shalat jamaah yaitu:

Shalatnya seseorang dengan berjamaah lebih banyak dari pada shalat sendirian dengan dua puluh tujuh kali. (HR Muslim dalam kitab al-masajid wa mawwadhiusshalah no. 650)

Hadits diatas menerangkan keistimewaan shalat berjama’ah dibanding shalat sendiri yaitu dari segi pahala yang berlipat ganda. Adapun keistimeaan lain adalah:

1/Ketika seseorang menjawab azan, bersegera shalat di awal waktu, berjalannya menuju masjid dengan sakinah, masuknya ke masjid dengan berdoa, menunggu jamaah, akan mendapatkan shalawat malaikat dan permohonan ampun dari mereka untuknya.


2/Kecewanya syetan karena berkumpulnya orang-orang untuk beribadah>
3/Melatih diri untuk membaca Al-Quran dan mendengarkan bacaan imam dengan benar.
4/Mendapatkan pengajaran rukun-rukun shalat, serta membuat seseorang lebih keritis bila terjadi kesalahan dalam melaksanakan rukun-rukun shalat.
5/ Mendapatkan keselamatan dari kemunafikan dan membersihkan hati dari segala penyakit yang menimpa.

Semua hal diatas itu, tidak diperoleh oleh orang yang melakukan shalat sendiri dirumah.

Hadits lainnya menerangkan mengapa shalat berjamaah itu jauh lebih berharga dibandingkan dengan shalat sendirian.
Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Shalatnya seseorang dengan berjamaah lebih banyak dari pada bila shalat sendirian atau shalat di pasarnya dengan duap puluh sekian derajat. Hal itu karena dia berwudhu dan membaguskan wudhu`nya, kemudian mendatangi masjid di mana dia tidak melakukannya kecuali untuk shalat dan tidak menginginkannya kecuali dengan niat shalat. Tidaklah dia melangkah dengan satu langkah kecuali ditinggikan baginya derajatnya dan dihapuskan kesalahannya hingga dia masuk masjid….dan malaikat tetap bershalawat kepadanya selama dia berada pada tempat shalatnya seraya berdoa, “Ya Allah berikanlah kasihmu kepadanya, Ya Allah ampunilah dia, Ya Allah ampunilah dia….” (HR Muslim)

dan sabda Rasulullah SAW :
Dari Abi Darda` ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah 3 orang yang tinggal di suatu kampung atau pelosok tapi tidak melakukan shalat jamaah, kecuali syetan telah menguasai mereka. Hendaklah kalian berjamaah, sebab srigala itu memakan domba yang lepas dari kawanannya.” (HR Abu Daud, Nasai)

Dari Ibnu Mas`ud ra berkata bahwa aku melihat dari kami yaitu tidaklah seseorang meninggalkan shalat jamaah kecuali orang-orang munafik yang sudah dikenal kemunafikannya atau seorang yang memang sakit yang tidak bisa berjalan.” (HR Muslim)

Sekian , Walahu A’lam

Sumber: http://www.nahrawi.org/2009/05/keistimewaan-shalat-berjamaah.html


 

Categories: Just Shared
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: